Jumat, September 28, 2012

Sosialisasi PKM Menyongsong PIMNAS 2013



Sosialisasi PKM Menyongsong PIMNAS 2013
Sosialisasi PKM Menyongsong PIMNAS 2013
Biro Administrasi Kemahasiswaan (BAK) Universitas Brawijaya (UB) menyelenggarakan Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Jumat (21/9). Acara yang dipusatkan di Lantai 6 Gedung Rektorat UB ini digelar untuk memantapkan prestasi menyongsong Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2013.
Narasumber Sosialisasi PKM ini adalah Reviewer Nasional PKM Ir. Anik Martina H, M.Sc, dan Juri Nasional PIMNAS dan Dr. Ir. Bambang Dwi Argo, M.Sc. Kegiatan ini diikuti oleh 20 mahasiswa perwakilan masing-masing fakultas yang diharapkan menjadi kader-kader PIMNAS yang akan datang, termasuk dari UB Kediri.
Dalam kesempatan ini dipaparkan mengenai berbagai jenis PKM, yaitu: PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-AI), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT).
Anik Martina memberi beberapa saran dalam menentukan jenis PKM. "Misalnya apabila memilih PKM-M, harus mempunyai kemampuan untuk mengukur permasalahan dalam masyarakat, dan masalahnya menarik untuk dijual," katanya. "Lebih baik jika mempunyai ilmu spesifik dalam bidang tersebut, jika perlu menggandeng anggota tim lintas fakultas," tambahnya.
Sementara itu Dr. Bambang Dwi Argo memberikan strategi dan kiat-kiat agar proposal PKM lolos seleksi. Strategi tersebut diantaranya, proposal harus lengkap dan sesuai format, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, karena kemungkinan proposal akan dinilai oleh reviewer dari background yang berbeda.
"Yang perlu diperhatikan yaitu adanya benang merah antara judul, latar belakang, perumusan masalah, tinjauan pustaka, metode pelaksanaan program dan target luaran," jelas Bambang. "Selain itu diharapkan terdapat manfaat yang jelas baik bagi mahasiswa maupun masyarakat, terdapat kerjasama tim yang baik, dan ada kesesuaian biaya dan target luaran," paparnya.
Di akhir acara Bambang berpesan agar para kader PIMNAS mempelajari pedoman PIMNAS 2012 kemarin untuk memaksimalkan persiapan yang akan datang. "Lengkapi format administrasi, jangan sampai gugur di seleksi pertama hanya karena kurang membubuhkan tanda tangan," pungkasnya.
Acara ini telah berlangsung secara bertahap. Sebelumnya telah diadakan sosialisasi PKM untuk para calon dosen pembimbing PKM sebanyak 15 orang dari tiap fakultas. Calon dosen pembimbing tersebut dipilih oleh Dekan tiap-tiap fakultas. [mita]

0 komentar:

Posting Komentar